Kamis, 01 Mei 2014

Tanya Jawab Seputar Stagen Jogja

Dewasa ini banyak sekali ulasan mengenai keamanan menggunakan stagen, beberapa pertanyaan yang muncul diantaranya : amankah stagen ini dipakai oleh ibu hamil, bisakah stagen ini dipakai oleh ibu-ibu sesudah melahirkan khususnya untuk mengembalikan posisi perut supaya kembali langsing, apakah stagen ini pemakaiannya ribet, apakah stagen ini perawatannya susah, apakah stagen ini enak dipakai, dan lainnya.


Bagi kita orang modern, apalagi khususnya untuk ibu-ibu yang terlahir di kota besar, hampir dipastikan tidak mengerti mengenai stagen, baik bentuknya maupun manfaat dan kegunaannya. Produk-produk baru sebagai produk pengembangan stagen sudah banyak bermunculan salah satunya adalah korset dan belt khusus untuk kandungan.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, saya akan sedikit mengulasnya, mulai dari pertanyaan yang paling sering ditanyakan, yaitu :

* Aman ngak sih pake stagen ?.

Stagen adalah sebuah kain tenunan yang bentuknya panjang dan dipakai melingkar di perut dan punggung belakang. Stagen yang ada di pasaran saat ini masih banyak yang diproduksi secara manual, alias hand made, perajinnya adalah para ibu-ibu atau simbah-simbah sepuh di daerah pedesaan khususnya wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Stagen ini sudah digunakan sejak jaman dahulu, mulai jaman kerajaan Mataram kuno, semua lelaki dan wanita menggunakan stagen dalam busana kesehariannya.

Stagen ini sudah dipakai turun temurun dan sangat sedikit kasus yang menyebutkan seseorang menjadi sakit atau berefek negatif ketika yang bersangkutan menggunakan stagen. Secara logika sederhana, apabila stagen ini berbahaya digunakan, tentu saja sudah sejak lama setagen ini sudah tidak diproduksi lagi, namun buktinya sampai tulisan ini ditulispun stagen masih banyak peminatnya, para penenun juga tidak berhenti berproduksi, arti stagen ini layak dipakai apabila dilihat dari sudut pandang keamanannya.

* Amankah stagen dipakai oleh ibu hamil ?

baiklah.. stagen bisa berfungsi sebagai penyangga perut ibu hamil, cara pemakaiannya adalah titik berat lilitan stagen di bagian perut depan adalah dari pusar ke arah bawah, tingkat kekencangan lilitan stagennya silahkan disesuaikan sendiri, sehingga ibu hamil akan merasa nyaman memakainya. Silahkan tingkat kekencangan lilitannyta disesuaikan apabila posisi berdiri atau duduk. Stagen ini bisa mengamankan perut hamil dari berbagai benturan baik benturan benda tumpul maupun benda tajam, karena texture kerapatan benang tenunnya stagen bisa berfungsi sebagai pelindung yang super aman bagi si jabang bayi dalam rahim.

Seringkali ibu hamil harus beraktifitas agak ekstra, misalnya dalam bekerja memerlukan posisi berdiri dalam waktu lama, atau harus naik motor, harus naik turun angkutan umum dan sebagainya, stagen sangat fungsional dalam menjaga goncangan perut ibu hamil.


* Apakah stagen ini bisa berfungsi sebagai pelangsing alami khususnya bagi ibu - ibu pasca melahirkan ? 

Stagen ini memang bisa digunakan oleh ibu-ibu pasca melahirkan dengan ketentuan adalah, pemakaiannya harus disesuaikan dengan kemampuan di ibu tersebut. Tingkat kekencangan lilitan juga WAJIB disesuaikan sendiri, intinya carilah kenyamanannya. Banyak ibu-ibu yang memakai stagen ini dengan maksud mengembalikan posisi perut seperti posisi sebelum hamil, kunci rahasianya adalah kesabaran.

Ibu-ibu harus sabar dalam memakai stagen, harus telaten, tingkat kekencangan lilitan juga harus disesuaikan hari demi hari. Walaupun stagen tidak dipakai seharian penuh, namun ketertiban dalam memakain secara harian adalah kunci suksesnya. Apakah stagen menjamin perut ibu-ibu akan kembali langsing ? jawabannya adalah tidak, karena sesudah melahirkan struktural perut ibu-ibu akan mengalami banyak perubahan, baik secara fisik maupun hormonal, namun tidak sedikit pula bentuk fisik ini bisa dibantu dikembalikan seperti semula ketika memakai stagen. Secara sederhananya bisa dikatakan adalah stagen bisa difungsikan sebagai pelangsing tradisional bagi ibu-ibu pasca melahirkan.

* Apakah stagen ini pemakaiannya ribet ?

Stagen dipakai melingkar dari perut dan dililitkan kebelakang dan seterusnya sampai gulungan stagennya habis dan ujung stagennya diikatkan pada bagian bawah lilitan supaya kencang. Simple sekali pemakaiannya.

* Apakah stagen ini perawatannya susah ?

Merawat stagen sangatlah mudah, caranya adalah dengan mengambil stagen kemudian rendam dalam ember yang sudah diisi air dan pewangi, kemudian tinggal dicelup-celup, sesudah itu dibilas dan dijemur. Apabila sudah kering silahkan stagennya digulung dan disimpan, sungguh sangat simple perawatannya.

* Apakah stagen ini enak dipakai ?

Lilitan stage dengan panjang 8-10 meter kurang lebih adalah setelah 0.5-1cm, stagen ini dililitkan dari bawah pusar sanpai dengan bawah dada. Stagen ini akan terasa kurang nyaman digunakan apabila kondisi lingkungannya pada saat dibawah terik matahari dalam jangka waktu yang lama, yang akan terjadi adalah bagian perut atau punggung akan terasa lebih panas, namun sebaliknya, apabila kondisinya ada di suatu lokasi yang hawanya sejuk, stagen ini sangat nyaman digunakan, misalnya di dalam ruangan ber - AC, atau di dalam rumah yang dikelilingi oleh banyak tanaman rindang.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai simpang siur menyangkut stagen, semoga semakin memberikan pengetahuan bagi semua orang.

Apabila Anda berminat, silahkan langsung order ke :

Nita Stagen Jogja

 0821-3749-2789 

Khusus Whatsapp

Saya juga melayani pesanan pelengkap persiapan melahirkan berupa bedong, gurita ibu, gurita bayi, popok bayi

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar